Pengertian Web Browser Beserta Contohnya

Browser atau Penjelajah Web sudah tidak asing lagi ditelinga kita, setiap hari kita selalu berhubungan dengan browser. Aktifitas kerja ataupun hiburan kini kebanyakan dijalankan di browser dengan memanfaatkan jaringan internet. Secara singkat browser adalah alat untuk menjelajahi atau membuka konten-konten yang bertebaran di dunia maya.

Web Browser adalah suatu program atau software yang digunakan untuk menjelajahi internet atau untuk mencari informasi dari suatu web yang tersimpan didalam komputer. Awalnya, web browser berorientasi pada teks dan belum dapat menampilkan gambar. Namun, web browser sekarang tidak hanya menampilkan gambar dan teks saja, tetapi juga memutar file multimedia seperti video dan suara. Web browser juga dapat mengirim dan menerima email, mengelola HTML, sebagai input dan menjadikan halaman web sebagai hasil output yang informatif.

Browser pertama kali digunakan pada tahun 1993 yang diberi nama browser Mosaic. Mosaic adalah nama browser yang diciptakan oleh tim dari National Center for Supercomputing Applications at the University of illinois at Urbana-Champaign (NCSA-UIUC) tidak lama setelah ditemukannya media baru untuk penyebaran informasi yaitu WWW (World Wide Web). Browser Mosaic pada masa awal lahirnya sangat digandrungi oleh para penjelajah internet. Hal itu terjadi karena Browser Mosaic adalah alat penjelajah internet pertama yang memiliki tampilan grafis dan terlihat lebih menarik. Kepopuleran Mosaic ternyata tidak bertahan lama, pada tahun 1994 browser Mosaic mulai ditinggalkan dengan hadirnya Netscape Navigator. Setelah itu bermunculan-lah browser-browser baru dengan kemampuan yang terus ditingkatkan hingga sampai saat ini.

Berikut ini adalah contoh dari web browser :

1. Mozilla Firefox

Mozilla Firefox , adalah sebuah aplikasi untuk browsing yang sangat populer, dibuat oleh mozilla corporation, firefox adalah salah satu web browser open source yang dibangun dengan Gecko layout engine. Tak hanya handal firefox juga didukung oleh sejumlah Add-ons yang dapat diinstall terpisah yang memungkinkan pengguna melakukan sesuai dengan kegunaan Add-ons tersebut. Jika anda memerlukan aplikasi browsing yang ngacir dan teruji keamanannya saat travelling di internet, Software ini wajib di coba dan dijadikan aplikasi browsing utama.
Sottware ini mampu melindungi PC / Laptop kita dari virus, worm, trojan horse dan spyware. Bukan menghapus, jangan salah arti. Maksudnya, jika anda tanpa sengaja mengakses situs yang berbahaya, Kita akan menerima pesan peringatan bahwa situs tersebut berbahaya untuk dibuka. Warning gitu.

Situs : http://www.mozilla.com/firefox/

2. Google Chrome

Google Chrome adalah browser yang menggabungkan desain minimalis dengan teknologi canggih untuk membuka web lebih cepat, aman dan lebih mudah. Memiliki satu kotak untuk semua dalam arti apabila anda  mengetik di address bar maka anda akan mendapatkan saran-saran untuk pencarian, semua halaman web, thumbnail dari situs utama Anda dan Akses halaman favorit dengan kecepatan langsung.
Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford dan perusahaan ini merupakan perusahaan saham pribadi pada 4 September 1998 Penawaran umum perdananya dimulai pada tanggal 19 Agustus 2004, mengumpulkan dana $1,67 miliar, menjadikannya bernilai $23 miliar.
Situs : http://www.google.com/chrome

3. Opera
Opera mungkin banyak juga yang sudah mengenal bagi para pencinta internet, Opera web browser yang memiliki 2 versi yaitu mobile dan dekstop.Opera adalah penjelajah web dan paket perangkat lunak Internet antar-platform. Opera terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk Internet seperti penjelajah web, serta perangkat lunak untuk membaca dan mengirim surat elektronik. 
Situs : http://www.apera.com/download



4. Internet Explorer
Internet Explorer merupakan sebuah browser keluaran Microsoft yang sangat terkenal dan banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia untuk menmgakses internet, karena software ini didukung oleh teknologi baru untuk membuat tampilan web lebih dinamis dan lebih hidup serta kompetibel.

Internet Explorer terdapat kumpulan aplikasi yang saling terintegrasi dan terdapat berbagai macam fasilitas khusus untuk mendukung pemakaian internet, yaitu diantaranya adalah I Net, I News, Net Meeting serta Chomic Chat.
Situs : 
http://windows.microsoft.com/en-us/internet-explorer/browser-ie

5. Safari
Safari adalah aplikasi browser dari Apple Inc. Awalnya aplikasi ini hanya dapat digunakan pada Mac OS X saja. Namun pada pertengahan tahun 2007 Apple meluncurkan aplikasi browser Safari untuk sistem operasi Windows. Aplikasi Safari berbeda dengan aplikasi browser lainnya, karena menitik beratkan pada kemudahan dan kenyamanan penggunanya. Pada safari kita akan temui tampilan yang jauh berbeda, dimana elemen desain yang sangat canggih sehingga membuat browsing kita lebih menyenangkan.

SnapBack. Fasilitas ini berfungsi untuk kembali ke titik awal aktivitas browsing setelah berkunjung ke banyak tempat (situs website). Progress Bar, dengan fasilitas ini kita bisa tahu seberapa cepat halaman website tampil di layar.Untuk keamanan,fasilitasnya masih standar.Untuk kecepatan akses, boleh dibilang Safari adalah jagoannya. Karena Safari memang dirancang sebagai browser yang ringan dan cepat.

6. Maxthon
Maxthon yang sebelumnya dikenal sebagai MyIE2 adalah browser web gratis untuk Microsoft Windows. Maxthon telah mengembangkan basis pengguna yang berkembang sejak rilis awal tahun 2003 khususnya di Cina, sehingga pada tahun 2006, Maxthon 2.0 mendapatkan dukungan dari beberapa sponsor. Dan pada bulan Januari 2006, pengembang Maxthon berkerjasama dengan pihak Microsof.

Maxthon awalnya diciptakan oleh Changyou, programmer Cina, yang ingin menyesuaikan dengan browser Internet Explorer. Maxthon merupakan browser yang cocok bagi yang sering menjelajah dengan mesin pencari, karena dalam browser ini terdapat fasilitas mesin pencari seperti Bing, Yahoo, Google, Amazon, dsb. Anda dapat mengakses dan mendapatkan informasi yang anda cari dengan browser ini.
Situs : http://www.maxthon.com/

7. Flock
Flock adalah sebuah Browser yang berguna untuk menjadikan pusat kegiatan blogging kita hanya dengan menggunakan browser yang satu ini, bagaimana tidak jika kita telah memiliki banyak account blogging, jejaring sosial, webmail dan media sharing maka bisa jadi browser ini bisa membantu kepusingan kita dalam mengelola semua itu ,karena semua itu  bisa dilakukan di satu tempat saja dengan flock.

Browser flock ini telah diluncurkan pada pertengahan Juni tahun ini dengan menggunakan basis code Firefox 3. Flock ini adalah sebuah browser yang bisa dikatakan sangat memanjakan para bloger. Betapa tidak, menggunakan Flock, kita bisa melakukan penambahan posting di blog yang kita miliki dengan mudah.

Secara keseluruhan, dibandingkan dengan browser lainnya, fitur blogging sangat ditonjolkan di browser ini. Utilitas yang dibutuhkan oleh bloger untuk menuliskan ide-idenya bisa langsung difasilitasi, misalnya fitur pengelolaan blog. Dengan fitur ini, kita bisa langsung melakukan posting ke web-blog yang kita miliki, tanpa harus melakukan login lagi.

8. Avant Browser
Avant Browser memiliki fitur yang merupakan peningkatan dari apa yang dimiliki oleh Internet Explorer. Avant Browser adalah Browser yang cepat, stabil, user-friendly, dan merupakan multiwindow browser. Memang engine yang dipakai adalah egine Internet Explorer. Akan tetapi Avant Browser memiliki kelebihan dibandingakan dengan Internet explorer. Sifat avant browser adalah freeware, yang dibuat oleh Anderson Che, programmer yang berasal dari china dan di kembangakan oleh Avant Force yang menyatukan 3 layout egine dalam 1 jendela.

19 komentar:

  1. mw tnya kk,,
    ada gak,web browser yng hanya support untuk satu situs tertentu saja?

    BalasHapus
  2. Terima Kasih min,ini sangat2 membantu , 1822500024 Ririn Nursa Fitri https://ririn.mahasiswa.atmaluhur.ac.id dan website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  3. thx... gan atas pengertian web browsernya saya bisa menjawab tugas yg diberikan 1822500089 http://dika.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/ dan web kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  4. Kamsia ya min atas infonya saya jadi tau pengertian web browser beserta contohnya, 1822500100 Dicky Sanjaya https://sanjaya.mahasiswa.atmaluhur.ac.id dan website kampus saya http://atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  5. terimakasih kak atas pengertiannya dan contoh sangat membantu saya menjawab tugas 1822500150 Septiani https://septi.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
    website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  6. terimakasih atas penjelasan dan infonya 1822500164 elisa ramdani http://elisa.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/ dan website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  7. terimakasih banyak min,1822500149 Larasati
    https://atik.mahasiswa.atmaluhur.ac.id dan website kampus saya
    http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  8. thanks admin, atas penjelasannya sangat membantu sekali dalam mengerjakan tugas DPW penjelasan tentang web browser beserta contoh web browser
    NIM : 1822500068 Nama : LIA FEBRIANTI
    https://sites.google.com/mahasiswa.atmaluhur.ac.id/liaf-mahasiswa-atmaluhur
    http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  9. Terimakasih atas penjelasannya dengan ini saya bisa mengerjakan tugas DPW tentang web browser. Citra Pratiwi 1822500124 http://citrapratiwi.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/ dan website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  10. Terimakasih atas penjelasan tentang web browser beserta contohnya, dengan ini saya dapet mengerjakan tugas yang diberikan 1822500123 Alfina http://alfina.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/ dan website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  11. thanks admin, atas penjelasannya sangat membantu sekali dalam mengerjakan tugas DPW penjelasan tentang web browser beserta contoh web browser
    NIM : 1822500075 Nama : ariska febrianti
    https://sites.google.com/mahasiswa.atmaluhur.ac.id/ariska-mahasiswa-atmaluhur
    http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  12. Terimakasih author untuk penjelasannya, saya jadi mengerti dan bisa menjawab tugas dari dosen saya.
    1422500144 – Regina Noviani
    https://reginanoviani.mahasiswa.atmaluhur.acid
    dan website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  13. makasih ya gan atas penjelasannya, saya jadi tau dalam menjawab tugas yang diberikan... 1822500067 Ira Meidianti http://ira.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/dan website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  14. makasih ya gan atas penjelasannya, saya jadi tau dalam menjawab tugas yang diberikan... 1822500002 Khaled Nafis Ramadhani http://khaled.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/dan website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  15. makasih ya gan atas penjelasannya, saya jadi tau dalam menjawab tugas yang diberikan... 1822500084 Robiansyah http://robiansyah.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/dan website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  16. Terima kasih untuk artikelnya, perkenalkan saya Firdaus Ar-Rantisi NIM : 1922300004
    1922300004@mahasiswa.atmaluhur.ac.id website kampus http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  17. Terima kasih untuk artikelnya perkenalkan saya Kurniawan robiansah NIM: 1922300005
    1922300005@mahasiswa.atmaluhur.ac.id website kampus http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  18. Terima kasih untuk artikelnya perkenalkan saya Fheris Shivani NIM: 1922300003
    1922300003@mahasiswa.atmaluhur.ac.id website kampus http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  19. Terima kasih untuk artikelnya, perkenalkan saya CHIKA MAYLANI(1922500155) dari http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus